Kamis, 26 Mei 2011

Rangkuman Ilmu Budaya Dasar

Manusia Dan Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab adalah memberikan jawab dan menanggung akibat.
Tanggung jawab terdiri dari 5 jenis, yaitu:
a. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
b. Tanggung jawab terhadap keluarga
c. Tanggung jawab terhadap masyarakat
d. Tanggung jawab kepada bangsa/negara
e. Tanggung jawab terhadap Tuhan
Manusia pada hakikatnya adalah mahluk pembelajar, maka diperlukan sebuah kontrol sistem dalam sebuah pemainan karakter didunia ini, yaitu tanggung jawab. Tanggung jawab merupaka kesadaran akan setiap sikap dan tingkah laku yang telah dilakukan atau bahkan akan dilakukan, baik sengaja atau tidak di dalam dunia ini, baik secara personal, sosial hingga kejenjang yang lebih tinggi yaitu pengabdian seorang hamba terhadap tuhannya.
Tanggung jawab merupakan aktualisasi dan perwujudan dari sikap sadar seorang yang dikatakan manusia. Jika manusia melakukan suatu hal dengan resiko dan penyelesaian masalahnya dilakukan dalam keadaan tidak sadar, baik sakit atau pengaruh obat – obatan maka tidak dapat dikatakan sebagai si tanggung jawab. Sadar memiliki pengertian tahu, pengertian dan ingat sehingga kesadaran dapat didefinisikan sebagai pengertian dan rasa ingin tahu manusia terhadap hal yang benar baik terhadap sikap dan perbuatannya. Dimana kesadaran manusia sangat berkaitan erat denga hati dan pikiran yang terbuka dan mau menerima sejumlah informasi.

Manusia Dan Pandangan Hidup

Pandangan hidup dijadikan manusia sebagai pedoman, pegangan, arah dan petunjuk dari hidup di dunia ini. Setiap manusia memiliki pandangan hidup dan pandangan hidup itu sendiri bersifat kodrati.
Pandangan hidup berdasarkan asalnya terdiri dari 3 macam, yaitu:
1. pandangan hidup bersala dari agama
2. pandangan hidup berupa ideologi
3. pandangan hidup hasil renungan
Manusia adalah makhluk Tuhan yang diberikan akal dan pikiran, serta hati.secara psikologi karakter manusia terbentuk dari tiga unsur, yaitu pikiran, hati nurani, dan hawa nafsu.ketiganya ini harus barjalan dengan seimbang dan saling mengendalikan satu sama lain untuk menjadikan karakter yang baik pada manusia tersebut.
Pandangan hidup adalah sikap manusia yang paling mendasar dalam menyikapi setiap hal yang terjadi dalam hidupnya, baik itu berupa masalah, tugas, tantangan dan segala yang dilakukannya manusia pasti mempunyai pandangannya masing – masing. Saya sebagai makhluk Tuhan yang beragama meyakini bahwa Tuhan itu ada,dan sangat berperan penting dalam kehidupan.
Dalam kehidupan saya pribadi, kebaikan – kebaikan Tuhan sangatlah nyata kadam hidup, yang terpenting dalam hidup kita adalah Mengandalkan Tuhan dan membiarkan rencana – rencanaNya terjadi dalam kehidupan kita, karena saya percaya rencana Tuhan adalah yang terbaik untuk hidup saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar